Kisah Profesor Blogistus dan Si Nyubi

Alkisah, hiduplah seorang pandai nan jenius bernama Profesor Blogistus. Profesor Blogistus adalah pakar terkemuka dunia di bidang widget biru. Profesor Blogistus tahu benar seluk-beluk dan segala hal tentang widget biru. Ia bahkan mendapatkan gelar doktor di bidang widget biru. Selain itu, ia juga banyak menulis karya ilmiah tentang widget biru. Sayangnya, nyaris semua karya ilmiahnya terlalu berharga untuk dipublikasikan secara gratis. Hampir semua penelitian tentang widget biru yang dilakukan Profesor Blogistus hanya bisa dibaca melalui jurnal ilmiah berharga mahal.

Di belahan dunia yang lain, hiduplah Si Nyubi. Si Nyubi sangat tertarik dengan widget biru, meskipun ia tidak pernah belajar secara formal di universitas. Si Nyubi belajar sendiri segala hal tentang widget biru. Ia banyak membaca segala hal tentang widget biru. Tidak seperti Profesor Blogistus, Si Nyubi tidak pernah menulis tentang widget biru untuk jurnal ilmiah. Si Nyubi memilih untuk menuliskan segala yang ia tahu tentang widget biru di blognya. Ia menulis semua yang diketahuinya secara gratis kepada siapapun yang tertarik mengenai widget biru.

Pengetahuan Si Nyubi saat ini tentang widget biru tidak sebanyak (atau belum sebanyak) Profesor Blogistus. Namun bersamaan dengan semakin seringnya ia membaca tentang widget biru, pengetahuan Si Nyubi semakin bertambah.

Semakin banyak ia menulis tentang widget biru di blognya, semakin banyak pula orang yang tertarik dengan widget biru yang mengunjungi blognya dan membaca tulisannya.

Dan bagian terbaiknya adalah … ketika seseorang perlu mengutip halaman web yang membahas tentang widget biru, mereka mengutip blog Si Nyubi.

Dua tahun kemudian, Angelina Jolie memberi pernyataan kekagumannya terhadap widget biru, dalam sebuah acara TV live yang disaksikan nyaris oleh seluruh penduduk planet bumi. Tiba-tiba saja setiap orang di seluruh dunia berlomba-lomba mencari tahu tentang widget biru. Semua mendadak menjadi maniak widget biru. Pencarian lewat mesin pencari meledak. Para wartawan berlomba menggali informasi lewat internet dengan berusaha mewawancarai narasumber yang dianggap mempunyai otoritas tentang widget biru.

Siapa yang akan mereka temui? Siapa yang akan mereka wawancarai?

Benar, mereka akan menemui Si Nyubi. Mereka akan mewawancarai Si Nyubi.

Bukan Profesor Blogistus. Maaf, Profesor Blogistus.🙂

Kenapa ini bisa terjadi?

Karena meskipun bukan seorang profesor, Si Nyubi telah berhasil membangun otoritas mengenai widget biru di dunia maya.

Karena dengan kemauan yang keras untuk belajar dan berbagi di blognya, ia kini menjadi master di bidang widget biru.

Karena banyak menulis tentang widget biru, maka blog Si Nyubi sangat relevan dengan kata kunci widget biru dan selalu muncul di urutan pertama di mesin pencari.

Pesan moral dari kisah ini?

Jangan pernah merasa tidak memiliki keahlian apapun yang bisa Anda tekuni, tulis dan bagikan melalui blog Anda. Meskipun saat ini Anda hanyalah seorang newbie, Anda BISA menjadi master yang memiliki otoritas di bidang apapun. Asalkan Anda memiliki hasrat yang luar biasa besar untuk belajar tentang sesuatu hal, lambat laun Anda bisa menjadi pemegang otoritas di bidang tersebut.

Jadi, mulailah menemukan sesuatu yang luar biasa menarik bagi Anda, pelajari sebanyak-banyaknya dan sedalam-dalamnya, dan bagikan kepada semua orang yang benar-benar membutuhkannya melalui blog Anda. Suatu ketika Anda akan terkejut dengan imbalan yang bisa Anda petik.

Sekedar ingin berbagi.

(Gambar diambil dari Netzwelt.de)

2 thoughts on “Kisah Profesor Blogistus dan Si Nyubi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s